Minggu, 14 Juli 2013

3 Kota di Indonesia dengan Julukan Van Borneo

BERAU - Maldiven van Borneo 


Maldives dalam bahasa Belanda disebut Maldiven. Kabupaten Berau  memiliki kemiripan dengan Maladewa (Maldiven / Maldives). Kabupaten Berau disebut Maldiven Van Borneo, karena kabupaten Berau memiliki Pulau Maratua yang keindahannya mirip menyerupai Maladewa.

SINGKAWANG - Hong Kong van Borneo

Siapa pun yang berasal dari Kalimantan Barat, pasti tahu dengan Kota Singkawang. Kota yang menjadi salah satu destinasi wisata unggulan yang ada di Kalimantan Barat ini, berjarak sekitar 145 km dari Pusat Ibukota Povinsi, Kota Pontianak, dan dapat ditempuh melalui perjalanan darat selama 3 jam menggunakan mobil.
Dikenal sebagai Chinatown-nya Indonesia, menjadikan Singkawang ramai dikunjungi wisatawan  baik domestik maupun mancanegara terutama pada saat menjelang Tahun Baru “Imlek.”
Singkawang juga memiliki beberapa julukan terkenal lainnya seperti “Kota Seribu Kelenteng” (Kelenteng: tempat ibadah penganut kepercayaan tradisional Tionghoa di Indonesia pada umumnya) dan juga “Kota Amoi” (Amoi: sebutan untuk gadis berparas cantik keturunan Chinese).
Atau yang nama nge-trend untuk Singkawang adalah Hongkong Van Borneo (Hongkong dari Kalimantan). Disebut demikian karena pada pusat kota, pada bagian pasar, sebagian besar bangunannya tua dan berarsitektur China.


HULU SUNGAI TENGAH - Bandung van Borneo


Kabupaten Hulu Sungai Tengah beribukota di Barabai. Kabupaten Hulu Sungai Tengah dikenal dengan julukan Bandung Van Borneo mengingat wilayahnya yang sudah tertata cantik dan rapi dengan ciri khas banyak tumbuh Mahoni yang berumur ratusan tahun sehingga penataan kotanya sama seperti yang dimiliki kota Bandung, Jawa Barat. Sebutan sebagai kota Bandung kedua yang sejuk, indah, nyaman dan bebas polusi itu semakin mengental setelah secara resmi ada dalam Peraturan Daerah nomor 3 tahun 2000 tentang Rencana Tata Ruang Kota Hulu Sungai tengah ditahun 2000 lalu.



1 komentar: