Jumat, 12 Juli 2013

4 Kota di Indonesia dengan Julukan Van Papua

MERAUKE - Australië van Papua


Australia dalam bahasa Belanda disebut Australië. Taman nasional Wasur terletak di Merauke, Papua. Taman nasional Wasur, memiliki habitat dan satwa mirip Australia, yaitu hutan savanah dengan berbagai jenis kanguru. Di dalam kawasan taman nasional ini terdapat berbagai jenis fauna dan flora diantaranya adalah Burung Kasuari, Cenderawasih, dan Kanguru yang berukuran lebih kecil dibanding kangguru Australia. Taman nasional ini juga memiliki jenis rawa yang mirip dengan bagian utara Australia.



RAJA AMPAT - Caribbean van Papua



Raja Ampat merupakan rumah bagi lebih dari sepuluh kali jumlah spesies karang keras yang ditemukan di Karibia (Caribbean), daerah ini dari provinsi Papua Barat adalah legendaris di kalangan penyelam scuba yang berpengalaman sebagai salah satu dari tujuan liveaboard menyelam di seluruh dunia.


PUNCAK JAYA - Nepal van Papua




Carstensz Pyramid (Puncak Jaya) dan Mount Everest (Nepal) merupakan bagian dari Seven Summit di tujuh benua dunia. Carstensz Pyramid terletak di propinsi Papua. Kalau Mount Everest merupakan puncak tertinggi di dunia, Carstensz Pyramid merupakan puncak tertinggi di Indonesia. Kedua puncak gunung tersebut sama-sama diselubungi oleh salju abadi. Puncak Mount Everest terletak di negara Nepal dengan tinggi 8,850 meter sedangkan Cartenz Pyramyd, Puncak Salju di daerah Tropis Indonesia (Kabupaten Puncak Jaya) memiliki tinggi 4.884 meter. Kedua puncak tersebut sebenarnya masuk dalam daftar Seven Summits, alias tujuh puncak tertinggi di dunia. Puncak Carstensz ketinggiannya 4.884 mdpl, sedangkan Puncak Everest lebih tinggi yakni 8.848 mdpl. Namun, pemandangan keduanya tidak jauh berbeda! Pemandangan Puncak Carstensz mirip-miriplah dengan Puncak Everest. Tapi yang jadi perbedaan, bebatuan di sini lebih terjal dan curam. Sehingga benar-benar harus memakai teknik tali menali dan climbing  Belum lagi, Puncak Carstensz lebih memiliki banyak flora dan fauna. Misalnya koala endemik, satwa yang mirip dengan koala di Australia tapi buntutnya yang lebih panjang. Sepanjang perjalanan ke puncaknya, juga terdapat berbagai gua dan danau yang eksotis!

 

MANOKWARI - Rio De Jainero van Papua

 
Pulau Mansinam di Manokwari, Papua Barat. Rupanya pulau mansinam ini terdapat perkembangan yang cukup luarbiasa terhadap pulau ini. Seperti diketahui, Manokwari memiliki sebutan Kota Injil, karena pertama kali masuknya Injil ke tanah Papua berasal dari kota ini. Pulau Mansinamlah daratan pertama yang diinjak oleh misionaris tersebut. Berjarak tidak lebih dari 5 menit dari pelabuhan di Manokwari jika menggunakan kapal mesin tradisional yang disebut Jonson, pada pulau ini dibangun patung Yesus yang merentangkan tangan, seperti di Rio De Janeiro, Brazil yang  diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar