Sabtu, 13 Juli 2013

13 Kota di Indonesia dengan Julukan Van Java

BANDUNG - Parijs van Java


Paris dalam bahasa Belanda disebut Parijs. Sebuah kota yang sangat terkenal di Pulau Jawa, julukan Paris Van Java pun sudah melekat di kota yang sering di sebut dengan kota kembang. Pertamanya julukan Paris Van Java diberikan oleh orang eropa sejak dulu kala ketika mengunjungi Kota Bandung. Tepatnya pada abad ke 18 atau tahun 1825 Kota Bandung mendapat julukan Paris Van Java. Mungkin anda bertanya - tanya kenapa harus di samakan dengan Paris, konon katanya cuaca dan kondisi temperatur di Kota Bandung hampir sama dengan di Paris tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin, hal lain mengapa Bandung memiliki julukan tersebut karena kuliner dan juga gaya fashion masyarakatnya yang bagus dan enak untuk dilihat. Sama dengan Paris yang sering dihubungkan dengan kota Fashion. Maka dari itu jika anda mengunjungi ke Kota Bandung dan bertemu dengan Mojang (Gadis) atau Jajaka (Pemuda) Bandung, mereka bisa berpenampilan modis dan menarik dengan senyum yang ramah.

GARUT - Zwitsers van Java 


Swiss dalam bahasa Belanda disebut Zwitsers. Kalau Kota Bandung Parisnya Jawa lain lagi dengan Kabupaten Garut yang dijuluki sebagai Zwitsers Van Java  (Swiss Van Java). Konon kota ini disebut Swissnya jawa karena kesamaan alam dan pemandangannya yang indah. Selain itu Kabupaten Garut terkenal dengan makanan olahan Dodol yang dianalogikan sebagai seperti coklatnya Indonesia seperti halnya Swiss terkenal dengan coklatnya. Julukan ini juga ternyata telah tersemat sejak jaman kolonial Belanda. Ratu Wilhelmina Belanda kabarnya memiliki peristirahatan pribadi di Garut. Salah satu gunung di Garut yang cukup terkenal dengan keindahan alamnya adalah Gunung Papandayan, dengan ketinggian 2.665 meter diatas permukaan laut ini tidak kalah indah dan sejuk dibanding Gunung Alpen.

SITUBONDO - Afrikaanse van Java 


African dalam bahasa Belanda disebut Afrikaanse. Apabila anda berkunjung ke Kabupaten Situbondo anda akan merasakan seperti di Afrika dengan hamparan Savana yang luas dengan kawasan satwa liar (Taman Nasional Baluran) Apabila anda berkendara ke Situbondo pastikan bensin mobil anda full tank karena anda tidak akan menemukan Pom bensin disana, anda hanya akan mendapatkan hamparan Savana yang luas dengan balutan satwa liar yang terkenal. Hal tersebutlah yang menyebabkan Kabupaten Situbondo dijuluki Afrikaanse Van Java  (African Van Java).

KUDUS - Jeruzalem van Java


Yerusalem dalam bahasa Belanda disebut Jeruzalem. Masjid Menara Kudus terdapat batu dari daerah Yerusalem (Palestina) yang batu tersebut dibawa oleh Sunan Kudus, oleh karena itu masjid yang dibangun Sunan Kudus diberi nama Masjid Al-Aqsa seperti Masjid yang berada di Yerusalem.

BOYOLALI - nieuw Zeeland van Java


New Zealand dalam bahasa Belanda disebut nieuw Zeeland. Boyolali memiliki kemiripan dengan Selandia Baru (nieuw Zeeland / New Zealand) dikarenakan Selandia Baru terkenal sebagai negara produsen susu dan daging sapi, begitu pula dengan Boyolali yang merupakan produsen susu terbesar di Pulau Jawa. Boyolali juga dikenal sebagai pusat daging sapi lokal, dengan Ampel sebagai tempat pemotongan hewan serta pusat produsen berbagai macam abon-abon sapi.

SEMARANG - Venetië van Java


Venice dalam bahasa Belanda disebut Venetië. Kota Semarang ini sendiri sampai sekarang memiliki julukan Venetië van Java (Venice Van Java), hal tersebut bisa terjadi lantaran di Semarang banyak sekali kanal-kanal sungai hampir sama dengan di Kota Venice (kota Venesia) yang berada di Italia. Namun perbedaan yang cukup terlihat yaitu kalau di Venice sendiri kanal - kanal sungainya ditata dengan rapih sehingga bisa membuat orang betah di kota tersebut. Sedangkan di Semarang kanal - kanal sungainya biasa dan terkesan sederhana. Walaupun begitu julukan Venice Van Java, untuk kota Semarang bisa menjadi kebanggaan sendiri untuk masyarakat Semarang dan juga Indonesia tentunya.

JEPARA - Carribean van Java


Keindahan alam Kabupaten Jepara terutama alam baharinya karena Kabupaten Jepara memiliki banyak pantai dan pulau-pulau yang indah, diantaranya Pulau Panjang, Pulau Mandalika, dan Kepulauan Karimunjawa. Keindahan Kepulauan Karimunjawa seperti di Karibia (Caribbean). Karimunjawa mempunyai kesamaan lain dengan Karibia yaitu terdiri dari beberapa pulau kecil.
Tau film The Pirates of Carribean? Kalau inget pasti tau dong Karribia adalah hamparan lauran dengan beberapa pulau kecil didalamnya. Karimun Jawa di Kabupaten Jepara juga demikian, memiliki keindahan yang sama yang apabila anda mengunjunginya anda akan merasa seperti bermain film bersama Jack Sparrow di The Pirates of Carribean. Apabila anda berkunjung ke Jepara jangan lupa mampir dulu ke Taman Nasional Karimun Jawa.

TEGAL - Japan van Java

 


Bukan karena masyarakat Tegal sama mimik mukanya dengan orang Jepang, salah satu alasan mengapa Tegal mempunyai julukan seperti diatas tadi yaitu, karena di Kota tersebut banyak sekali industri logam yang ternyata sangat lihai dalam membuat spare part kendaraan bermotor yang berasal dari Jepang. Bahkan ada beberapa industri logam di Tegal yang sudah lama berkontribusi dan juga menjadi langganan sebagai pemasok spare part industri otomotif ternama asal Jepang. Selain  menghasilkan spare part kendaraan bermotor di Kota Tegal juga, industri logam bisa menghasilkan dan membuat alat - alat lain seperti traktor, pompa air, alat kesehatan rumah sakit, spare part kapal, dan masih banyak lagi.


TASIKMALAYA - Delhi van Java 



Kearah selatan Jawa Barat terdapat Kabupaten Tasikmalaya juga punya julukan tersendiri yang tersemat sejak zaman dulu. Delhi Van Java adalah julukan untuk Kabupaten Tasikmalaya, julukan itu disematkan bukan karena kebiasaan muda-mudi Tasikmalaya yang senang berlari-lari disaat hujan sambil bernyanyi. Tapi karena jalanan provinsi Kabupaten Tasikmalaya yang menghubungkan dengan Kabupaten Garut yang secara geografis perbukitan mirip dengan jalanan yang ada di Kota Delhi, India. Apabila anda berkunjung ke Tasikmalaya anda akan merasakan sensasi jalanan berbukit naik-turun yang indah yang sama akan jumpai di Delhi, India.

PATI - Hogwarts Van Java


Sejak zaman Majapahit hingga sekarang Kabupaten Pati mayoritas masyarakatnya menekuni ilmu-ilmu mistis, baik itu ilmu putih maupun ilmu hitam dan banyak pula yang menjadi dukun. Kabupaten Pati terdapat banyak ahli supranatural yang disebut dengan Dukun, mereka ada yang terang-terangan membuka praktek dengan ijin resmi dari depkes juga ada yang diam-diam membuka praktek tanpa sepengetahuan depkes. Selain Dukun Spiritual di Pati juga terdapat berbagai dukun diantaranya Dukun Melahirkan, Dukun Pijat, dan lain-lain. Karena banyaknya ahli supranatural ada yang menyebut bahwa Pati adalah Hogwartsnya Pulau Jawa, Hogwarts sendiri merupakan kota yang terkenal akan Kotanya Para Dukun/Sihirnya. Tak ada bedanya dengan Kabupaten Pati yang merupakan kotanya para dukun.

 BANTUL - Sahara van Java


Gumuk pasir terluas dan merupakan satu-satunya yang ada di Asia tenggara ini terdapat di Indonesia, tepatnya di daerah kabupaten Bantul. Gumuk Pasir Parangkusumo menyerupai padang pasir di Timur Tengah, oleh karena itu masyarakat menjulukinya sebagai Sahara van Java yang artinya Saharanya pulau Jawa.

LUMAJANG - Oostenrijk van Java


Austria dalam bahasa Belanda disebut Oostenrijk. Ranu Kumbolo terletak di Jawa Timur, sebuah danau di pegunungan Semeru dengan ketinggian 2500 meter di atas permukaan air laut. Tak jauh dari Ranu Kumbolo terdapat padang rumput yang dikelilingi bukit dan gunung dengan pemandangan yang sangat indah, padang rumput luas dengan lereng yang ditumbuhi pohon pinus seperti di Eropa. Ketika suhu berada di bawah 0°c , kadang-kadang terjadi hujan salju kecil. Jika suhu sangat dingin pinggir-pinggir danau ranukumbolo bisa membeku, dan juga terlihat rumput-rumput yang memutih seperti salju karena embun yang membeku di rerumputan yang membuat suasana seperti di Eropa. Perhatikan foto Ranu Kumbolo yang sekilas mirip dengan foto Seefeld Lake, Austria di Eropa. Oleh karena itu Kabupaten Lumajang dijuluki  Oostenrijk van Java (Austria van Java).

KEPULAUAN SERIBU - Maldiven van Java




Maldives dalam bahasa Belanda disebut Maldiven. Kabupaten Kepulauan Seribu dijuluki Maldiven van Java karena keindahan Kepulauan Seribu menyerupai Maladewa (Maldives), Selain itu bentuknya sama berupa kepulauan kecil.

1 komentar:

  1. Pragmatic Play Launches Slots for PC - JTM Hub
    Pragmatic Play Ltd. is 광명 출장마사지 a leading content provider 창원 출장마사지 to the 서귀포 출장샵 iGaming industry, delivering 속초 출장안마 exciting games to 김해 출장샵 the iGaming industry through its aggregation

    BalasHapus